SBY: Kalau Negara Kita Tidak Mau Terbakar Amarah Maka Pak Ahok Harus Diproses Hukum

SHARE:

SBY: Kalau Negara Kita Tidak Mau Terbakar Amarah Maka Pak Ahok Harus Diproses Hukum
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan pangkal persoalan dari munculnya rencana aksi demonstrasi besar-besaran pada 4 November 2016 nanti adalah dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
"Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dianggap menistakan agama. Ayo kita kembali ke situ dulu, itu tidak boleh dan dilarang. Kita harus kembali ke sistem hukum dan KUHP," kata SBY dalam keterangan pers di kediamannya Cikeas Bogor, Rabu (2/11/2016).
Menurut SBY, di Indonesia sudah ada yurispudensi penegakan hukum di masa lalu soal ini dan terbukti bersalah di depan hukum.
"Kalau negara kita tidak mau terbakar oleh amarah penuntut keadilan maka pak Ahok yang harus diproses hukum. Jangan sampai beliau (Ahok) kebal hukum sebab ini bagian dari demokrasi, kita negara demokrasi," kata SBY.
Jika Ahok diproses hukum, SBY mengatakan jangan kemudian ada tudingan-tudingan yang bersangkutan tidak bisa disentuh.
"Setelah diproses hukum maka semua pihak harus hormati. Ibaratnya jangan gaduh. Cegah tekanan dari manapun baik tekanan yang katakan harus Ahok bebas, pokoknya Gubernur Ahok harus dinyatakan bersalah tidak boleh. Serahkan ke penegak hukum apa pak Ahok tidak bersalah nantinya," kata SBY.
Kalau Ahok dinyatakan bersalah oleh penegak hukum maka SBY mengatakan biarkan penegak hukum bekerja sesuai aturan hukum yang ada.
"Rakyat ikuti proses penegakan hukum. Berarti bola sekarang di penegak hukum bukan di jalan-jalan raya, bukan di tangan Pak Jokowi, bukan di organisasi Islam bukan di partai Demokrat. Jutaan mata rakyat Indonesia mengikuti ini di media," kata SBY.
Demo 4 November
SBY meyakini ada satu hal yang harus diselesaikan terkait rencana demonstrasi besar-besar umat Islam pada Jumat (4/11/2016) lusa.
Menurut SBY, ada hal yang memicu terjadinya aksi besar tersebut dan bukan semata mereka yang akan berdemonstrasi hanya ingin melihat Jakarta.
"Tidak mungkin mereka cuma mau lihat-lihat Jakarta. Pasti ada tuntutan yang harus diselesaikan," jelas SBY.
SBY menjabarkan bahwa semua tuntutan yang diungkapkan oleh demonstran harus segera dibereskan oleh pemerintah atau pihak yang berwenang.
"Kalau tidak diperhatikan, sampai lebaran kuda juga tidak akan selesai," tegasnya.
Selama memimpin Indonesia, SBY menjelaskan dirinya akan terus berupaya untuk menyelesaikan apa yang dituntut oleh masyarakat saat berdemonstrasi.
Dia berharap hal yang sama juga dilakukan oleh pemerintahan saat ini.
(tribunnews.com)

COMMENTS

loading...
Nama

Ahok,13,Anak,1,Berita,15,Dunia Islam,7,Gaya Hidup,3,Habieb Rizieq,1,Inspirasi,2,Jakarta,4,Jasmev,1,Jokowi,2,Jusuf Kalla,1,Kesehatan,2,Metro TV,1,MetroTV,1,Pilkada,1,Sains,2,Tokoh,1,
ltr
item
nasional.info: SBY: Kalau Negara Kita Tidak Mau Terbakar Amarah Maka Pak Ahok Harus Diproses Hukum
SBY: Kalau Negara Kita Tidak Mau Terbakar Amarah Maka Pak Ahok Harus Diproses Hukum
http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/presiden-keenam_20161102_113208.jpg
nasional.info
http://www.nasional.info/2016/11/sby-kalau-negara-kita-tidak-mau.html
http://www.nasional.info/
http://www.nasional.info/
http://www.nasional.info/2016/11/sby-kalau-negara-kita-tidak-mau.html
true
6732390652147363940
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Sitemap