Pasca Aksi 212, Habib Rizieq De Facto Pimpinan Gerakan Islam di Indonesia

SHARE:

NASIONAL.INFO - Sudah sejak Aksi Bela Islam 2 saya katakan bahwa Allah swt mem-baypass ormas-ormas, parpol-parpol, dan tokoh-tokoh mainstream Islam yang menyumbat kebangkitan Islam dengan melahirkan fenomena baru Aksi Bela Islam.
post-feature-image
ilustrasi Habib Rizieq
Apa yang dipikirkan AS Hikam (tulisan ada di bawah) sama dengan yang saya pikirkan.

Sore tadi saya ditanya, apakah setelah Aksi Damai Bela Islam 212, ahoq akan ditangkap? Tegas saya menjawab: TIDAK.

Tetapi jangan kecewa dulu. Mungkin Allah swt punya rencana perubahan besar di Indonesia. Maka, Aksi Bela Islam akan dilakukan lagi dan lagi hingga kesadaran massif terbangun di tengah rakyat. Saat itu bukan ahoq saja yang akan dihempaskan tsunami politik persatuan umat Islam, tetapi juga semua kekuatan politik dan kekuatan ekonomi di belakangnya. (Hafidin Achmad Luthfie)

Berikut tulisan AS HIKAM yang diposting di akun fbnya:

PASCA-AKSI 212: HABIB RIZIEQ SEBAGAI PEMIMPIN ISLAM POLITIK INDONESIA?

Gelar aksi demo yang diberi nama “Super Damai” di kawasan Monas pada Jum’at 2 Desember 2016 barangkali layak disebut sebagai sebuah babak baru dalam konstelasi perpolitikan Indonesia pasca-reformasi. Yaitu munculnya Habib Rizieq Syihab (HRS) sebagai representasi kekuatan Islam politik yg fenomenal dan harus diperhitungkan secara serius oleh Pemerintah Presiden Jokowi (PJ) dan masyarakat Indonesia serta pihak-pihak di luar negeri ini.

Kehadiran PJ dalam acara tersebut, mengikuti sholat Jum’at, mendengarkan Khotbah HRS yg sangat jelas menyampaikan tausiah/ pesan-pesan politik kepada PJ, pidato singkat sang Presiden di panggung bersama HRS dan para petinggi Kabinet, dan, last but not the least, konsistensi tuntutan agar Ahok ditangkap, dan kesuksesan acara sampai selesai tanpa ada kericuhan sedikitpun, semuanya merupakan fakta-fakta yg dapat ditafsirkan bahwa HRS lah yang menjadi tokoh utama alias “man of the hour” dalam event tsb.

Presiden Jokowi dan jajaran kabinet saat menyimak Khutbah Jumat Habib Rizieq

Bukan hanya itu saja. Pasca-212, suka atau tidak suka, HRS adalah pemimpin yang tak dapat diragukan lagi (undisputed leader) dari kekuatan Islam politik Indonesia, dan PJ adalah salah satu pihak yg ikut mengukuhkan posisi tsb! 

Para perjabat negara boleh dan sah sah saja mengatakan bahwa PJ sudah menunjukkan kepemimpinannya dengan tampil di dalam acara tsb; bahkan ada yg bilang PJ telah menang tanpa harus mengalahkan (menang tanpo ngasorake) lawan, dll pujian seperti itu. 

Namun secara politis, hemat saya, PJ menang hanya secara taktis, tetapi HRS lah yang mendapat keuntungan secara strategis. Jika PJ bisa disebut meraih keuntungan politik dalam jangka pendek, tetapi pengaruh HRS dan Islam politik di negeri bisa saja akan meluas dalam jangka panjang.

Implikasi politik jangka pendek yg paling nyata adalah thd kasus Ahok akan bergulir. Prediksi saya, tekanan dari kelompok anti-Ahok akan makin besar bukan saja agar Gubernur DKI non-aktif tsb ditahan, tetapi juga sampai ujung proses dengan vonis dinyatakan sebagai pihak yg bersalah. 

Kehadiran PJ di Monas akan dikapitalisasi secara politik oleh kubu ini untuk terus meningkatkan tekanan agar “hukum ditegakkan” dan “keadilan dijunjung tinggi” dalam proses peradilan yag akan datang. Pengaruhnya thd kampanye Pilkada pasangan Ahok-Djarot (Badja), tampaknya akan semakin negatif dan merugikan pemulihan elektabilitasnya. 

Jika survei-2 yg dilakukan sebelum 212 saja hasilnya sudah cenderung “sepakat” bahwa elektabilitas Badja mengalami penurunan akibat status tersangka Ahok, apalagi setelah ini. Pihak anti Ahok akan semakin agressif dalam kampanye mereka utk memarginalisasi sang petahana. Paslon Badja mesti kerja “super keras” agar tidak mengalami penurunan drastis lebih lanjut!

Diamnya parpol-parpol pendukung Badja pasca kehadiran PJ ke Monas, bagi saya, adalah juga pertanda kurang baik bagi paslon ini. Elite PDIP, Nasdem, dan Hanura seperti sedang “kebingungan” dan akhirnya memilih “diam” dengan keputusan PJ yang konon dibuat mendadak utk bergabung dalam acara di Monas tsb. 

Demikian pula respon senyap dari tim sukses Badja terkait dengan dinamika politik seperti itu menunjukkan bahwa mereka pun mengalami semacam kekagetan yg serius. Ini berbanding terbalik dg persistensi kelompok anti-Ahok dalam kampanye mereka sangat nyata, seperti kita lihat dalam bermunculannya meme-meme baru di sosmed yg bertema desakan agar Ahok ditahan. 

Upaya pemulihan elektabilitas paslon Badja jelas semakin dipersulit oleh keputusan PJ hadir di Monas tsb. Setidaknya peluru baru bagi kampanye lawan bertambah lagi, sementara paslon Badja tidak siap dengan counternya..

Bukan hanya pihak paslon Badja saja yg terimbas implikasi politik dari langkah PJ kemarin. Hemat saya, ormas-ormas besar Islam yang selama ini berusaha membantu PJ agar eskalasi demo dapat dibatasi, bisa jadi juga sama kagetnya. 

Sampai sehari setelah demo 212 berakhir, saya belum menemukan reaksi resmi dari NU dan Muhammadiyah, atau tokoh-tokoh Islam terkemuka yang sebelumnya ikut mengerem ummat agar tidak berpartisipasi di dalam gelar aksi tsb. Ini tentu sangat menarik utk dicermati. Bisa jadi merekapun sedang berusaha memahami dan mencermati dinamika ini. 

Setidaknya mereka mesti mengevaluasi utk apa anjuran-2 mereka kepada ummat agar tidak ikut hadir dalam aksi 212 jika kemudian PJ sendiri justru hadir di sana? Bukankah ini merupakan sebuah pengakuan dan endorsement politik terhadap keberadaan HRS dan para pendukungnya sebagai sebuah kekuatan nyata dalam konstelasi perpolitikan nasional? Wallahua’lam..

Sebuah fenomena politik baru pasca-reformasi di Indonesia sedang bergulir, yakni muncul dan berkembangnya kekuatan Islam politik dalam panggung demokrasi, bukan melalui pintu politik elektoral (electoral politics), tetapi melalui pintu politik massa (mass politics). Apakah PJ menyadari sepenuhnya bahwa kini kepemimpinan HRS dan Islam politik kian mantap kehadiran dan pengaruhnya dalam panggung perpolitikan negeri ini? Silakan para sahabat utk memperbincangkannya. [eramuslim]

COMMENTS

Like Fanpage Kami

loading...

Baca Juga$type=list$c=5$author=hide$comment=hide$rm=hide$va=0$snip=none$meta=none

Nama

AA Gym,5,Ahok,46,Ajaib Ya ?,1,Aksi Bela Islam,51,Aksi Jilid III,4,Amerika,1,Amien Rais,1,Anak,1,Aneh Ya,1,Bareskrim,4,Berita,29,BNN,1,Buni Yani,4,China,1,Contoh Buku Harian,2,Contoh Kalimat,1,Daerah,20,Din Syamsudin,1,Dunia Islam,39,Ekonomi,4,Gadaikan,1,Gaya Hidup,3,Habieb Rizieq,16,Hot News,9,Hukum,1,Imigran China,1,Indonesia,1,Inspirasi,2,Internasional,7,Islam,1,Isu,19,Jakarta,5,Jasmev,1,Jokowi,14,Jusuf Kalla,1,Kesehatan,2,Kok Bisa Gitu Petani Ilegal China Kantongi NPWP dan SIM A di Bogor,1,Kumpulan Puisi,8,Lee Kuan Yew,1,Megawati,1,Metro TV,1,MetroTV,1,MS Kaban,1,MUI,2,Narkoba,1,Nasdem,1,Nasional,52,NU,1,Pakar Hukum,1,Panglima,4,Penistaan Agama,31,Peribahasa,1,Peristiwa,79,Pidato,41,Pilkada,3,Pilkada DKI,8,Politik,3,Puisi Aku,1,Puisi Alam,3,Puisi Ayah,5,Puisi Cinta,13,Puisi Galau,14,Puisi Guru,1,Puisi Harapan,9,Puisi Ibu,1,Puisi Indonesia,1,Puisi Islami,4,Puisi Jiwa,4,Puisi Keadilan,3,Puisi Kehidupan,4,Puisi Motivasi,4,Puisi Patah Hati,4,Puisi Penyesalan,1,Puisi Perjuangan,2,Puisi Persahabatan,3,Puisi Rindu,9,Puisi Romantis,1,Puisi Sedih,8,Puisi Sumpah Pemuda,1,Puisi Tentang Kedua Orang Tua,1,Rachmawati,2,Rohingya,1,Rush moeny,1,Sains,2,Saksi Ahli,5,Sastra,2,Sosiolinguistik,2,Sosok,1,Stop,1,Tersangka,2,Tionghoa,1,tionhoa,1,TNI,4,Tokoh,2,Trending,1,Ulama,2,Video,1,Yusuf Mansyur,1,
ltr
item
INFO NASIONAL: Pasca Aksi 212, Habib Rizieq De Facto Pimpinan Gerakan Islam di Indonesia
Pasca Aksi 212, Habib Rizieq De Facto Pimpinan Gerakan Islam di Indonesia
http://1.bp.blogspot.com/-ib41AKTgNbQ/WERCBTSV4wI/AAAAAAAAruI/25pUIm-sCoYffMsiVauT65Jp5J6pj3Q3wCLcB/s640/habib%2Bperson%2Bof%2Bthe%2Byear.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-ib41AKTgNbQ/WERCBTSV4wI/AAAAAAAAruI/25pUIm-sCoYffMsiVauT65Jp5J6pj3Q3wCLcB/s72-c/habib%2Bperson%2Bof%2Bthe%2Byear.jpg
INFO NASIONAL
http://www.nasional.info/2016/12/pasca-aksi-212-habib-rizieq-de-facto.html
http://www.nasional.info/
http://www.nasional.info/
http://www.nasional.info/2016/12/pasca-aksi-212-habib-rizieq-de-facto.html
true
6732390652147363940
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Sitemap